KONTAK SAYA

Email Twitter Facebook

TELUSURI

GALERI FOTO

Kategori Arsip Daftar Isi

MULAI DARI SINI

Pelayanan Portfolio Pembayaran

Penerapan Grafika Komputer


Apa itu Grafika Komputer?

Grafika Komputer merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan mainpulasi gambar(Visual) secara digital.

Pembagian Grafika Komputer

Berikut ini adalah pembagian bidang dalam Grafika Komputer :


    1. Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
    2. Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
    3. Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
    4. Citra (Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Aplikasi Grafika Komputer dalam kehidupan sehari-hari?

Grafika Komputer dalam kehidupan sehari-hari? Banyak sekali aplikasi atau penerapan grafika komputer dalam kehidupan sehari-hari. Saya akan menjabarkan kegunaan grafika komputer dalam berbagai bidang kehidupan.


Bidang Pendidikan


Dalam bidang pendidikan, kita biasa menggunakan grafika komputer untuk keperluan presentasi, entah itu menggunakan power point, prezi, atau yang lain. Untuk menampilkan data-data angka, supaya mudah dianalisa, kita menggunakan diagram (chart). Ini juga merupakan salah satu penerapan dari grafika komputer.

Bidang Hiburan



Penerapan dalam bidang hiburan adalah pada pembuatan film, acara televisi, dan video musik. Misalnya pada pembuatan film, grafika komputer berperan dalam pembuatan efek animasi. Terkadang juga untuk menggabungkan aktor dunia nyata dengan obyek grafis.

Computer Art



Computer Art adalah penggunaan grafika komputer untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasilnya dapat berupa kartun, lukisan, foto, poster, logo, dan lain-lain. Contoh aplikasi yang digunakan : Adobe Photoshop, Corel Draw, Inkscape, GIMP, dan lain-lain.

Computer-Aided Design (CAD)



CAD digunakan untuk analisis dan desain, umumnya di engineering dan arsitektur. Misalnya untuk desain pesawat terbang, rumah, kapal, mobil, dan lain-lain.

Computer-Aided Software Engineering (CASE)



CASE mirip seperti CAD, hanya saja CASE digunakan dalam bidang software engineering. CASE digunakan dalam memodelkan basis data, workflow, struktur program, dan lain-lain.

Simulasi




Contoh penerapan grafika komputer dalam simulasi adalah simulator training pilot, simulator training operator alat berat, simulator training air traffic control, network simulator, dan lain-lain. Simulator membantu user untuk belajar mengendalikan misalnya pesawat terbang.

Video Game


Grafika Komputer juga diterapkan dalam video game. Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video.

0 komentar: